SaLam BloGgeR

Jumat, 18 Februari 2011

Pelatihan SATGANA Rejang LEbong 2011

Pelatihan Managemen SATGANA Kab.Rejang Lebong 2011
Salam Respect BUat semua Blogger. . .
Seneng bangetz, Rani bisa kembali Hadir ke dunia Blogger ini setelah cukup lama gak hadir ke dunia maya. Karena da kegiatan Pelatihan SATGANA Kab.REjang Lebong.
Hm. . . Ngomong-ngomong tentang SATGANA, mungkin ada yang udah tau, ada juga yang masih bingung. OKe dech. Kita bahas yuuk. SATGANA itu kepanjangan dari Satuan Siaga Penanganan BEncana. SATGANA bisa d bilang tim Elit nya PMI tuh…
Ada yang bingung LAgi mungkiin.. (PMI,,,apa LAgi tuhhh?) PMI ntu Pelang Merah Indonesia.  Pasti tau dong kalo yang ini. Jadi, SATGANA itu merupakan tim dari PMI yang bekerja Pra, saat dan Pasca BEncana.
Tahun 2011 ini adalah tahun pertama untuk Kabupaten Rejang Lebong( Propinsi Bengkulu) memiliki tim SATGANA Kabupaten. TEntunya MEnjadi kebanggan untuk PMI KAbupaten yang telah selangkah lebih maju. Dengan Inisiatif sendiri mendirikan SATGANA Kabupaten. (Gak lagi langsung ke SATGANA Propinsi LAgi, Ke KAbupaten dulu dech Jadinya)
Untuk Pelatihan Menagemen SATGANA ini, melalui seleksi awal di PMI Cabang. Seleksi  memampatkan peserta terpilih menjadi 30 orang. Terdiri dari 11 Orang perempuan dan 19 orang Laki-Laki untuk mengikuti pelatihan dari 6-16 Februari 2011.

(Peserta Terpilih yang menerima Pengarahan sebelum menuju ke lokasi pelatihan di Batalyon Yonif 144)

Katanya siich, Mestinya Pelatihan itu 14Hari minimal, Tapi karena sesuatu dan Lain hal kali iyyya, Makanya Cuma 10 Hari.
Perjalanan Dari Markas PMI Menuju Batalyon Y144
Dengan Semangat Voluteer, Berjalan menuju Lokasi Pelatihan SATGANA
Tiba dan Istirahat sejenak sambil mendengar arahan
Menerima pengarahan awaL dari pihak Batalyon


Kegiatan Selama Pelatihan seru banget. Awalnya canggung. Pa lagi kegiatnnya pake sistem militer dan dilatih TNI alias TEntara. Wowwww….Diksarmil nya berasa banget. Pagi-pagi jam 4 dah bangun dari tenda, teruz, Senam. Udah senam, Pembersihan Badan n Lingkungan. Udah ntu subuh dech buat yang Muslim. Yang Piket Kurve Makan, Nyiapain makan di Ruang Makan. Makannya Pake Ompreng gitu.and bermain dengan aturan waktu or hitungan. Ckckcccc
Udah Sholat, WAktunya berez2 Tenda & Bersih-Bersih Ruangan belajar dan sekitarnya. Udah itu kita Sarapaan n Lari Pagi. Di Awali pemanasan n di Akhiri PEndinginan. Lumayan. Juga mpex jam 8an kita lari pagi, trus Sprint, LBB (Latihan Baris berbaris). Masuk Ruang Kelas sampex jam 12 siang baru dech kita ishoma. Ishoma nya gak langsung makan, Tapi lari dulu, Biasa. Push up, Sit up,sprint, n gitu-gitu dech… MIliter kelas awaL..heheeee


Suasana Makan saat pelatihan SATGANA-PMI

BErtarung melawan waktu, 5menit habiskan. Hehee
Udah LAri lari sambiL nanyi2 yeL-yeL baru dech Baris wad makan d Ruang Makan. MAsuk ruang pun pake system hormat. Huhuhhhuu. Beda bangetz dech pokoknya. Udah makan siang, Sholat zuhur, Udah ntu Baru dech Kita Belajar lagi d Ruangan.
Jam 4 sore kita Isoma. Ishoma nya Coffee Break gitu. Ishoma nya Biasa,Makan snack yang Lumayan BAnyak sich untuk ukuran Snack.heheee, Truz sholat d Barak and diLanjutkan Belajar Lagi sampek jam 5lewat smpek setengah 6an.
Next, waktu nya kurve… Kebersihan Lingkungan, bersihin LIngkungn sekitar, Daun-Daun, Rungan yang Kotor., BErsihin semua. UDah itu bersiahin diri dech, MaNdiii Sore. Yupz,,, selanjutnya Preparetion wad ke Masjid, Shlat MAgrib. Biasanya MAju jalan aja, Langkah biasa sambil nanyi sahalawat. Tapi kalo dah deked banget ma azan. Kita lari maju. LUmayan dari Barak pelatihan ke Masjid ada lah 200an meter lebih dikid kali iyya. Yang Piket KUrve MAkan gak k MAsjid, TApi sholat d Barak. Kan mereka yang nyiapin ompreng makan d meja makan.
Pulang sholat magrib waktu nya makan tiba. Hm. . . sebelum jam 8 malam,kadang malah sampe jam 9 malam, Peserta SATGANA dipegang oleh pelatih dari Batalyon. Banyak dech yang kita lakuuin. Militer gitu. LAri. Jongkok, Push up, Tiarap, Telentang, trus Sit Up, MErayap.Jungkir Bakig dLL. Huuuuh. . . Salah sedikid, Seabreg Hadiah dari PElatih TNI.  (^,^) Sambil nanyiin yeL kita trus berlari. . . Tancap gas dech pokoknya
Kalo dah jam 8an LEwat gitu, BAru dech kita baris and Balik lagi ke Ruang belajar. Nerima Materi Lagin dech. Diskusi and Diskusi.. Selesai nya biasa nya jam 11 gitu
Memperhatikan penjelasan pemateri dengan sungguh-sungguh

Suasana Diskusi di Ruang Belajar
Malam nya, Kita jarang-Jarang Tidur. Ada-ada aja kegiatan. Sebelum Apel MAlam, Biasanya d CEramahin Dulu. Kadang gara2 Laporan Apel Yang SaLah, KAdang juga gara-gara waktu belajar mata kita ngantuk juga salah., haaahahaaa. . .
Malam nya kita jaga serambi 1 jam sekali. Gantian gitu. Jam 4 nya kita senm lagi. Gitu mulu dech.Upzzz….Tapi kadang-KAdang kita suka diBangunin Tengah malam, dan simulasi gitu. JAdi semalaman bener-bener gak tidur.
Ada juga 1 hari 1malam, 24 jam, Kita simulasi, Safer Access and Simulasi menjaga identitas melewati beberapa pos. Dari Pagi Ampek Pagi Lagi. . . hahahaaaa. . . Capek sich iyya, TApi hilang aja barengan seru yang menantang. Buat aKU sich Gitu. . .

 

Suasana Simulasi dari Renop Bencana dan Simulasi Safer Access nech. . . MO ngitim Logistik and MAsuk daerah Konflik n PEmeberontak.



Kesan Pelatihan SATGANA Buat aku nich:
1.       Waktu makan tuuh. Hm. . . Rasa dikejar-kejar setan. MAkan pake waktu dan makanannya kebanayak yang gak aku makan. TApi namanya pelatihan maaaah Tancap Aja, Walaupun rasanya Mou Muntah. ITung-Itung LAtian d Lokasi BEncana. Iyya Kan? Mana ada makjan santai n pilih-pilih LAuk. Huhuhuuuu. Tapi sambal yang PEnuh Tomat,, Hm. . . Gak kuKuuu
2.       WAktu LAri, awalnya Betis alias kaki rasa naik semua. HAhaaa..MAklum jareang LAri. Minum obat aja, sehari Cuma 3x, nah pelatihan ini lari jadi berkali kali kali kali dech. . . Tapi lama-lama kuat juga. Dan gak terasa sakit. BEner-BEner bisa ala biasa. BAhkan akhirnya aku terasa sehat. Cuma klurang tidur aja.heeee
3.       Banyak orang banyak macamnya. Prinsip itu masih berlaku di dunia. TErmasuk d Dunia DIksarmiL. BAnayk KArakter yang aku temui. Yang manja, yang sok nagtur, yang egois, yang mo nya mengang sendiri, yang mo ngingatin tapi gak mo diingatin, yang selalu merasa benar juiga ada. Hm. . . Kaliatan Semua di sini…. Ya,BEngitulah manusia, Mau d menegti tapi gak mo negrtiin orang. Mo dimana lagi? Kita ja dah yang ngalah dari pada darp pada, lebih baik-;eboh baik. Selama masih bisa ditotelir Aja. Soalnya pada intinya, utamanya, sebenarnya.heee…Temen2 SATGANA Baeg2 semua, Cuma kadang Caranya aja. Heeeee. Peace!!
4.       Santaga Paling Mantab Dah pokoknya. . . Pesertanya Mantab, PElatih PMI nya MAntab n PElatih dari TNI juga Mantab. Love U aLL. HEeeee
739 (Suasana PreTest Nicch)
55,56,59,62,70 ( Suasana Pembukaan Pelatihan SATGANA )

2 komentar:

  1. weh............lumayan juga cerita SATGANA nya, laen kali foto Saimo si LOGISTIK 22 di tampilin dunk.......terus berkarya." lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam tugas ".
    By. LOGISTIK 22

    BalasHapus
  2. @Babe SAimo: SIAP. . . Heheheee. . . Thankz

    BalasHapus

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.