SaLam BloGgeR

Sabtu, 19 Februari 2011

Tips menanggapi dan menghadapi kritikan

Tips menanggapi dan menghadapi kritikan

haiiii. . . Nech Tips ( or bisa d bilang article kale iyya ) di ambiL dari Anne Aphire yang seLaLu membagi tulisannya ke email aQ dan tmn laennya . Siapa pun author nya, yang penting, Dunia Sekitar Ku berbagi info tentang dunia sekitar ku and dunia sekitar kita. Salah satunya Tips nech yang Rani share wad kaliand. Mudah2an bermanfaat ya.

Hmm. . . Bisa di bilang kalo Kritik Anda adalah Kue Anda. tau kenapa?? ya karena memang begitu analoginya.

"Anda tidak berhak dipuji kalau tidak bisa menerima kritikan."
-- Halle Berry, 2005 


Itulah kalimat dahsyat yang disampaikan Halle Berry, artis peraih Oscar melalui film James Bond 'Die Another Day' di tahun 2004 ketika mendapat piala Razzie Award.

Razzie Award adalah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang dinilai aktingnya buruk. Label pemain terburuk ini didapatkan Halle setelah memainkan perannya di film 'Cat Woman'. Ia adalah orang yang pertama kali langsung datang ke tempat pemberian penghargaan tersebut. Tidak ada Aktor dan Artis lain sebelumnya yang sanggup datang dan hanya menyampaikan pesannya melalui video.

Sambutannya sungguh menarik : "Saya menerima penghargaan ini dengan tulus. Saya menganggap ini sebagai kritik bagi saya untuk tampil lebih baik di film-film saya berikutnya. Saya masih ingat pesan ibu saya bahwa... 'Kamu tidak berhak dipuji kalau kamu tidak bisa menerima kritikan'."

Tepukan tangan sambil berdiri sebagai bentuk ketakjuban dari para hadirin sangat memeriahkan malam itu. Ya, sangat sedikit orang yang sanggup menerima kritikan seperti Halle.

Nah, sekarang, apa arti kritik buAT Kamu ? Apakah itu musibah buruk?
Seperti bencana yang tidak terduga, atau... simbol kehancuran diri? Adakah yang bisa menganggap kritik layaknya ia menerima pujian? sangad sulit tentunya...tapi sedikid berpostif thinking, aQ rasa kita bisa. (ya termasuk Rani yang mencoba menjadi semua sebagai hal yang tidak buruk,,heeee)

Kritik memiliki banyak bentuk. Kritik bisa berupa nasehat, obrolan, sindiran, guyonan, hingga cacian pedas. Wajar saja jika setiap orang tidak suka akan kritik. (Manusiawi siiich, iyya gak?)

Bagaimanapun, akan lebih menyenangkan jika kita berlaku dan tampil sempurna, memuaskan semua orang dan mendapatkan pujian. Tapi siapa yang bisa menjamin bahwa kita bisa aman dari kritik? Tokh kita hanyalah manusia dengan segala keterbatasannya. Dan nyatanya, di dunia ini lebih banyak orang yang suka mengkritik, daripada dikritik. :-)


Hmmm... Kalo kalian suka sepak bola, pasti sering mengamati para komentator dalam mengeluarkan pernyataan pedasnya. Padahal belum tentu kepandaian mereka dalam mengkritik orang lain sebanding dengan kemampuannya jika disuruh memainkan bola sendiri di lapangan. ;-)

Belum lagi para pakar dan pengamat politik, ekonomi, maupun sosial. Mereka ramai-ramai berkomentar kepada publik, seolah pernyataan merekalah yang paling benar. :-) Padahal kalo kalo para football player gagald pertandingan itu hingga tidak bisa mencetak gol dan mempertahankan gawang meraka, mereka juga kesal. sama seperti suporter. Bahkan lebig geram dari pada penonton nya. KAn mereka yang terjun langsung. hahahaaa.Kog jadi bahas BoLa iyya...

But, bukan itu permasalahannya!
Pertanyaannya sekarang adalah... seandainya Ranita mendapatkan kritikan, yang sakitnya melebihi tamparan, apa yang harus dilakukan?

Jawabannya adalah...

=> Nikmatilah setiap kritikan layaknya kue kegemaran kita!
Mungkinkah? Mengapa tidak! :-)
Kita mempunyai wewenang penuh untuk mengontrol perasaan kita.

Berikut tips untuk kita smua, termasuk untuk aku sendiri, saat menghadapi
kritik:
1. Ubah Paradigma Kita Terhadap Kritik
tidak sedikit orang yang jatuh hanya gara-gara kritik, meski tidak semua kritik itu benar dan perlu ditanggapi. Padahal, kritik menunjukkan adanya yang *masih peduli* kepada kita.
Coba perhatikan perusahaan-perusahaan besar yang harus mengirimkan berbagai survey untuk mengetahui kelemahannya. Bayangkan jika Ranita harus melakukan hal yang sama, mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengetahui kekurangan. LoL. :-)
Kritik merupakan kesempatan untuk koreksi diri dan tentu saja akan menyenangkan jika Mengetahui secara Langsung kekurangan kita, daripada sekedar menerima dampaknya. seperti dikucilkan misalnyyyyyyya.hee

2. Cari tahu sudut pandang si pengkritik

tidak ada salahnya mencari tahu detil kritik yang disampaikan. Kamu bisa belajar dari mereka dan melakukan koreksi terhadap diri Ranita. Bisa jadi kritik yang disampaikan benar adanya. Jika perlu, justru carilah orang yang mau memberikan kritik sekaligus saran kepada kita. Toh Kita tidak akan menjadi rendah dengan hal itu. Justru sebaliknya, pendapat orang bisa jadi membuka persepsi, wawasan, maupun
paradigma baru yang mendukung goal Kita.

3. Kritik tidak perlu dibalas dengan kritik!
Tanggapi kritik dengan bijak. Tidak perlu merasa marah atau memasukkannya ke dalam hati. Toh menyampaikan pendapat adalah hak semua orang. Nikmat ilah apapun yang mereka sampaikan. Tidak ada ruginya untuk ringan dalam mema'afkan seseorang. Anggaplah semua itu untuk perbaikan yang menguntungkan Kamu kelak. Jangan lagi mencoba balas kritik dengan kritik. Karena hal ini hanya akan membuat perdebatan, menguras tenaga & pikiran. Tidak ada gunanya...

4. Terimalah kritikan dengan senyuman. ^_^
Wahhh..BErad memang. Pasti Saad di Kritik, pa lagi Berat. Beeeeeh. MAna bisa senyum. Iyya kan?? Yang ada kita malah naik darah. Huhu. Sebenarnya, Ini semua bisa melatih mental kita agar bisa *tegar* menghadapi ujian yang lebih hebat di kemudian hari. Singkatnya, kita memang hanya layak dipuji jika sudah berani menerima kritikan. Meski tidak mudah, asah terus keberanian Kita untuk menikmati kritik
layaknya menikmati kue ShoB.heheee.

Emang,sama sekali gak mudah. Tapi bisa aLa biasa. Di latih n coba teruz terbuka, kita PAsti bisa. Kalo Rani sich motto nya Gini. I believe I can then I do…. Hmmm. . . Ingat, pujian dan apresiasi hanya akan datang apabila kita sudah melakukan sesuatu yang berharga. So, jangan pernah bosan untuk memburu kritik, dan tanggapilah setiap kritik dengan lapang dada! :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.