SaLam BloGgeR

Kamis, 12 Juli 2012

Ujian Skripsi di Kampus STAIN Curup di Tahun 2012


Assalamualaikum.wr.wb
Hai Hai blogger Ran in World Readerz.. Dah lama nich gak Posting. Abiz nya mo copas2 aja bias,, tapi lebih asyik kalo tulisan sendiri. Ya gak??
Kale nich mo sharing aja nich tentang Ujian Skripsi di Kampus ku, di STAIN Curup. Di kampus STAIN Curup tahun ini, rencana nya ada 4 gelombang Sidang Skripsi. Gelombang satu dari 2-7 Juli kemaren. Gelombang 2 sedang berlangsung dalam minggu ini. Gelombang3-4 baru akan…alisz nanti. Pokok nya gelombang terakhir Sidang Skripsi nya Akhir Spetember. GAk tau dech Wisuda nya nanti. Bulan 10 ato bulan 11. Alhamdulillah aku ikut gelombang pertama. Untuk gelombang pertama lalu, untuk Probi PBI (Prodi nya writer) Cuma ada 4 orang angkatan 2008 yang ikut n syukur nya Lulus Semua,n sebagian besar nya angkatan 2007, alias kk tingkat Kami.
          Wah…Ternyata Ujian Skripsi and Sidang itu Deg Deg-gan bangetz iyya. Bukan karena kita gak menguasai skripsi, tapi karena udah ngebayangin pertanyaan bertubi-tubi di kursi panas. Mau gak mau Feeling itu pasti ada saat mau Sidang Skripsi.

          WeLL.. Ran Cerita dulu dech tentang Gimana Sidang/Ujian Skripsi di Kampus STAIN Curup. Kalo disini, ada 4 Tim Penguji, ada Ketua Sidang, Sekretaris Sidang dan Penguji I dan II nya. Karena kampus ini berbasis Agama Islam gitu, Jadi di awal, ada test pengetahuan agama, yang Pastinya Test MENGAJI, pengetahuan tentang ayat dan hadist tentang pendidikan (Untuk Jurusan Tarbiyah/Pendidikan). Ada juga yang ditanya tentang ayat pendek( Pengalaman Nich..Hehe ^,^). Yang jelas nya, Mesti hapalin tuch. Siapa tau ditanya.
          Next, Baru dech Present tentang skripsi kita. Biasanya Cuma dikasih waktu 5menitan doankz buat presentasi. Penguji Jarang mau lama-lama. Beda Penguji Beda juga waktu presentasi. Ada yg Cuma minta jelasin abstrak aja (Upz…Kebanyakan Cuma baca abstark bukan jelasin abstrak). Tapi ada juga yang presentasi dengan Print Out Power Point (Pengalaman.red). Saran aja nich, Presentasi dengan Print Out lebih membantu, Jadi gak Nge-Blank n Kesan nya Lebih ada Preparation gitu. J
          Lanjuuud. . . Pertanyaaan so Pasti ada bertubi-tubi. Ada yang sifatnya Ngetest Pengusaan kita tentang Materi Skripsi, ada juga yang menjebak dan bikin kita bingung. Yang jelas, kalo ujian, jangan kebawa emosi. Misalnya nich,,, Waktu dibentak Penguji jangan Ikut bentak dan bantah. Gaswat dech ntar. HAha.. Gawaaad Maksud nya. Bisa-bisa tuh Skripsi tambah di kata-katain. Mempertahankan pendapat itu boleh aja, selama cara kita benar dan disampein dengan tenang, bukan emosi nada tinggi yang membara. Oke Buddy???!
Hm..Truz apa lage ya?? <Ekspresi MikiR @_@>
AaaHaa<Ide Muncul Nich>,,,,
Kalo Pertanyaan Ujian, Biasa nya nich.. Biasa nya loch, Umum nya, Fenomena atau Background itu pasti ditanya. Trus korelasi nya ke Penelitian. Dan gak kalah penting tentang metode penelitian. Mulai dari pemahaman kita tentang sampling, metode pemerolehan data or instrument kita, dan metode pengolahan data. Gak Cuma itu, tentang finding atau Bab 4 juga ditanya dech. Basicly, Kuasai aja skripsi. Yakin dech kalo temen-temen Ran In World Readerz buat sendiri skripsi nya, pasti bias dech. Gak Cuma utk ujian Skripsi di STAIN Curup, di kampus mana pun juga gitu. Dan yang gak kalah penting, MentaL. Kalo udah Nervous, bias-bisa nge’Blank atau malah nangis, kayak pengelaman Prodi Lain, karena di Bentak dikit dengan pertanyaan nada tinggi ditambah rasa takut di kursi panas, Jadinya Menetes tuch air mata. Hikz,,,
          Hm…Lanjud... di kampus STAIN Curup ini, wisuda nya Cuma 1 tahun Sekali. Jadi biarpun duluan selesai skripsi nya, tetep aja wisuda nya bareng. Cuma 1 gelombang wisuda tiap tahun nya. Gak tahu dech tahun-tahun selanjutnya. Jadi, kalo gak ikut di 1 gelombang itu, mau gak mau, ikut gelombang next year.  *** tuh aja dulu dech cerita kale nech* (^,^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.