SaLam BloGgeR

Selasa, 07 November 2017

Pengalaman Tes Pendamping dan Operator PKH


Hallo.... Assalamualaikum dan selamat malam teman-temen Berbagi info. wah, dah lama banget Ran berbagi info. Udah Lebih dari 1 tahun. Blog sampe Berdebu. Postingan terakhir Agustus 2016. Sekarang dah November 2017. OMG... Sekarang waktu nya berbagi lagi. Cos banyak temen yang Inbox nanyain tenang Soal test tertulis untuk SDM PKH. Karena memang tahun ini Kementerian Sosial membuka Loker untuk SDM PKH yang bisa dibilang Banyak dan Besar-Besaran. Bahkan Dari pada Jawab satu-satu pertanyaan temen via Inbox FB dan Whatsapp, Jadi terinspirasi buat nulis lagi deh.
 I dont wanna beat around the bush. so, Langsung aja ke Poinnya. disini Ran bakal berbagi Pengalaman waktu ikut Test sebagai Pendamping PKH. tepat nya Tahun 2016 Lalu.

Awal nya, Ran dapat info dari Sepupu tentang Lowongan Kerja dari Kementerian Sosial tentang Pendamping PKH. Jujur, I have no Idea what PKH is. gak tau apa-apa. temen dan sepupu yang rada Gaptek, minta tolong untuk di daftarin online. karena sejak 2015 (Kata Senior Aku), Registrasi PKH itu secara ONLINE. di Hari terakhir Pendaftaran, my Mommy said: "Coba daftar juga Lah, Masa daftarin orang lain aja". dan finally, malam terakhir masa pendaftaran, aku ikutan daftar deh.
Yuk, Kita Kupas satu-satu secara Detail.



1. Pendaftaran Online untuk Tahap Seleksi Administrasi
Seleksi ini dilakukan secara Online. tahun 2015 dan 2016 lalu, Pendaftaran dilakukan secara online melalui Situs Kemensos. Mirip Test CPNS gitu, PAke Buat AKun dan Ngisi data. terus Upload Hasil Scan Ijazah, dLL. Repot juga kan berkas zaman dulu, minta di Scan. untung ada scanner nya sepupu. coz printer scanner ku rusak waktu itu. 
tapiiiiiiiiiiiii.... untuk 2017 ini Registrasi melalui HP Android. Jadi dengan Download Aplikasi Seleksi SDM PKH di Playstore, terus buat Akun dan PIN (password), kita dah bisa daftar dengan melengkapi data di Aplikasi pendaftaran.
Hasil Seleksi PKH 2017 udah ada. dah diumumkan Akhir Oktober lalu. Info Pengumuman kalo dulu via Email untuk Seleksi Administrasi. Zaman Now, 2017, Pengumuman juga Via Website. bisa diunduh di Format pdf.

2. Test Tertulis
Zaman Ran dulu, Pengumuman Seleksi Administrasi itu Lama bangets. sampe Lupa kalo pernah daftar. haha. 3 bulan-an. kebayang kan Lama banget. dan test nya sekitar 1 minggu setelah info kelulusan administrasi via Email.
Ada dua jenis tes tertulis. test hanya 1 hari. karena waktu itu hanya ada sekitar 80-90 Peserta untuk Provinsi Bengkulu.  
Tes nya 2 sesi, dimulai jam 09.00 dengan pembukaan dan KAta sambutan dari Perwakilan Panitia Kementerian Sosial dan Panitia Propinsiselama 1 jam. terus test Psikotest sekitar 3 jam. istirahat Dzhur dan makan Siang dari Panitia Seleksi. Lanjut Lagi test Pengetahuan Tentang PKH. jumlah soal aku Lupa sih.

  • Test Psikotest
Tes psikotes ini lebih bersifat umum ya. psikotest nya lebih ke Arah Psikotest ruang, Angka, Huruf, dan Psikotest Pertanyaan Study Kasus gitu. jadi gak ada Kolom Koran seperti Psikotes Bank pada Umumnya. 
Kalau kata Senior aku, zaman Mereka dulu test nya Lebih Kompleks karena tes di Kabupaten Masing-MAsing. Tapi Zaman Aku, 2016 Test nya sepropinsi di Gabung. dan yang datang LAngsung pihak dari Kementerian. Gak di Kabupaten masing-masing lokasinya.  Zaman dulu, ada Diskusi KElompok untuk menilai keaktifan dan WAwancara untuk melihat kualitas, visi misi juag karakter kita kali ya. 

Note:
Tapi, kalu 2016, sesuai pengalaman ku, Gak ada Interview atau Diskusi Kelompok. seperti tahun-tahun sebelumnya. sehingga test nya beberapa hari. Tapi tahun 2017 ada soal-soal yang bisa menilai kualitas kita, mulai dari tingkat jiwa sosial dan egoisme kita.
contoh nya nih : 
Jika ada teman ada yang datang terlambat dan mengarang alasan pada bos anda, apa yang anda lakukan. sejenis itu lah. aku lupa-lupa ingat. ini Nalar, Logika, tapi mengukur Attitude dan Pola Fikir kita Loh. Jadi, sola study Kasus gini mesti Bijak jawab nya.

  • Test Pengetahuan Umum Tentang PKH 
Dari nama test nya aja udah jelas ya, berarti yang ditanya adalah adalah jelas tentang PKH. aku LUpa-lupa ingat sih apa aja soalnya, yang jelas soal nya pilihan ganda. cuma yang Aku ungat ada 120 Soal ( Ntah itu Test Tertulis Tahap 1, ntah tahap 2). test ini setelah makan Siang. Sekitar jam 2 sore setelah jam ishoma.
contoh soal yang Ingat :
-  Pengertian PKH
-  Jumlah Bantuan PKH
- Tujuan Program PKH dan Sararan nya. dll Lah.
untuk ini, Kalian Browsing aja pengetahuan tentang PKH. banyak tuh yang upload tentang itu.
Biar Gak Buta, disini Ran Bagi info Kebijakan Baru PKH.
  1. Dulu PKH untuk Kategori KSM (Keluarga Sangat Miskin), sekarang menjadi untuk KM (Keluarga Miskin).
  2. Istilah KM sekarang menjadi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) 
  3. Bantuan PKH berupa Uang. dulu Pencairan nya adalah di  Kantor POs. Sejak 2017, PKH menggunakan Kartu ATM. Jadi Bantuan Tunai menjadi Bantuan Non Tunai.
  4. Dulu Jumlah Bantuan PKH berbeda-beda. Sekarang sejak 2017, Jumlah Bantuan di sama ratakan. Untuk Keluarag yang memiliki LAnsia/ Disabilitas, Bantuannya 2 juta/ tahun dan 1,8 juta/Tahun untuk yang hanya memiliki kompenen pendidikan.
  5. Bantuan tetap 4x dalam setahun. 
  6. Sebelum tahun 2017 ini, hanya ada istilah PEndamping PKH dan Operator PKH. Jadi Pendamping Sosial PKH Pendamping Akses, Administrator Data Base itu Baru ada Tahun ini ya. Kalo zaman dulu Pendamping PKH aja. TErnyata 2017 ini, Ran lat di Aplikasi PEndaftaran PKH, Sekarang nama Kami berubah jadi "Pendamping Sosial PKH". Operator berubah menjadi "Administrator data Base" kalo gak salah. Zaman dulu gak ada Supervisor PKH, ternyata 2017 ni ada LOh. Supervisor ini yang bakal Mengawasi Program PEngenalan FDS (materi Family Development Session untuk Meraih Keluarga Sejahtera, Semacam MAteri Bulanan untuk Pertemuan Kelompok Keluarag Penerima Manfaat PKH).
  7. Ini ada Tautan untuk MAteri PKH kebijakan 2016. 
3. Test Keahlian Komputer
Ini test praktek untuk Loker Operator atau yang sekarang disebut itu tadi Administrator Data Base. Untuk Yang ini Free Memory, Ini Test nya Tentang Komputer ya.

Semoga Bermanfaat ya. Kalo Tulisan ini Membantu, Jangan Lupa Jempol nya Buat Like Fan Page RAN BERBAGI INFO ya.










5 komentar:

  1. Aku juga ikut tes ini tahun 2017 dan bener banget soal nya kayak yang ran bilang. Dan gak ada interview.. Cuma tes tulis doang dan di adain di hotel gitu

    Ngeblog lagi donggg

    BalasHapus
  2. Makasih infonya bermanfaat banget 😍

    BalasHapus
  3. Makasih infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  4. Mksh infonya... manfaat buat masukan aq yg ikutan test pkh tahun ini...

    BalasHapus
  5. Makasih infonya...sangat bermanfaat

    BalasHapus

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.