SaLam BloGgeR

Rabu, 27 Maret 2013

Tahapan dan Soal Test Bank BRI


Tahapan dan Soal Test Bank BRI

Assalamualaikum.wr.wr.
Apa kabar? How are you and Kaifahaluk dech buat semua sodara-sodari sekaliand ?hehehe. Moga pada baik-baik aja ya. Dah lama ni gak Posting. Dah lama banget iyyah. Kali ini Ran mau berbagi info tentang tahapan Test Bank BRI based on my experience nich. Walaupun status Ran bukan Sebagai Karyawan BRi. Tapi gak salah donk kalu Ran berbagi Info. Moga ini info ini bakal banyak membantu. Share info. . . Mulaaaaaaaaaai!

1.     Tahap Seleksi Administrasi
Di tahap ini gak semua berkas lamaran yang masuk ke BRI bakal dipanggil buat test. Tapi diseleksi dulu gan. Kalo memenuhi criteria, Kalian selamat dech. Ini biasanya Kelengkapan Berkas, juga criteria Akademis, kayak IPK, trus Prestasi yg Kalian Lampiran di CV dan juga poin plus untuk pengalaman kerja kalo ada. Tapi buat Fresh Graduate jangan takut. Asal criteria cocok, tetep lolos kok di tahap ini. ^hehee. . .Pembelaan Ran selaku Fresh Graduate^ hihi

2.     Tahap Test Interview pendahuluan
Tahap ini hanya untuk yang lolos seleksi administrasi. Biasa nya dihubungi via Call, dari kantor BRI bersangkutan. Kalo dalam hal ini, masih terbilang ringan. Karena hampir semua peserta lolos di Tahap ini. Soalnya yang ditanya masih seputar diri Peserta Interview. Kaya Biodata gitu. Misalnya nich, Riwayat pendidikan, pengalaman kerja, and pengalaman organisasi dll dech. Ada juga pertanyaan gini nich seputar pendidikan peserta. “Andakan jurusan Pendidikan/Kebidanan/dll (yang bukan area perbankan gitu) trus kenapa mau ikut kerja dibank? Kan gak sesuai dengan latar belakang pendidikan anda? Kenapa tidak mengajar/jadi bidan/perawat atau dLL dech(yang sesuai dengan latar belakang peserta) ”
          Yang nanyain nya, Kepala PT.PKSS cabang X yang ditempatkan di Bank.BRI CAbang.X. Sambil nanya dia sambil ngetikin data kita. Perhaps karena males baca data yang terlalu banyak. Hihi. Peace! Kidding. Yang jelas nya Do Best aja dech.
Upz. . . ada lagi, di tahap ini. Ini inti dari test pendahuluan yang dibilang interview pendahuluan, yaitu pengukuran TINGGI badan. Kalo gak sesuai dengan criteria yang jadi indicator bank. Otomatis dech, nama peserta yang bersangkutan langsung di disqualifikasi. Ran kurang tau sich berapa standard minimal nya. Kalo Ran 159 cm (cewek) dan lolos. Ada seorang temen 154cm kalo gak salah sich (doi cewek juga) dan lolos juga. Kayak nya klo cewek minimal 150 kali ya… ^Ni Cuma Kesimpulan Ran aja^ Kalo cowok, kayaknya minimal 155 atau 160 ya?? Ran juga kurang tau persis. Soalnya ada beberapa temen cowok Ran yang ukuran cowok tergolong pendek, tinggi nya 150an dan gak lebih tinggi dari Ran dan mereka gak lolos karena tinggi badan gak mencukupi. ^Poor them^

3.     Tahap Test Psikotest
Sekitar 2/3 hari setelah interview pendahuluan, kalo kalian lolos, kalian bakal nerima informasi kelulusan biasanya via SMS dari PT.PKSS . Kalo gak dapat sms/call, Maaf, ANDA BELUM BERUNTUNG. Heee. InsyaAllah, tempat lain menanti anda. O ya, test dilaksanakan 2/3 hari setelah informasi pengumuman test.
          Test Psikotest nya susah susah gampang. Apa lagi buat yang belum pernah atau jarang banget ikut psikotest kayak Ran dan bebarapa temen yang belum berpengalaman. Durasi Test Psikotest BRI lebih kurang sekitar 3 jam. Dan ada banyak Tahap. Ran lupa sich. Tapi Ran bagi info seingat Ran aja ya. Test ini bukan mengukur nich orang pinter banget apa gak. Tapi pengen tau karakter pskilogisnya dan pola penalaran nya sesuai dengan criteria yang dibutuhkan sama perusahaan bersangkutan.
          Kalo psikotest yang pernah Ran ikutin itu didominasi sama LOGIKA PENALARAn dan Draw Test. Bukan soal Pengetahuan atau kemamnuan ARITMATIKA. Soalnya, gak ada Soal Test Aritmatika sepertih DERT HITUNG, SERI, Antonim. Sinonim yang berhubungan dengan pengetahuan Kata. Kalo test Psikotest Magang Bakti BCA Lebih dominan bermain dengan Kombinasi Angka(Deret n Seri) sama pengetahuan Antonim sinonim untuk Psikotest Tahap awal. Kalo lulus, lanjut ke PSikotest Tahap Akhir yang terdiri dari ARMY test yang sejenis perintah gitu, Selain itu ada juga Test Warteg, test pa alagi yang Ran lupa dan pastinya Kolom Koran yang dulu sempat bikin Ran mati langkah. Gara-gara lupa sama kacamata. Padahal di test ini butuh konstrasi, ketahan mata sama pikiran.
          Upz. . . Itu Cuma perbandingan aja, balik lagi dech ke Soal Psikotest Test Kerja BRI. Nich Dia gan…
·       Pertama, soal Psikotest BRI nya sejenis kaya gini.
Ayam – Itik     : Jawabanya “Burung”
Gaun – Celana : Jawabannya “PAKAIN”
JAdi intinya cari kata yang mendekati dua kata yang ada disisi kiri . Dan sisi kanan tuliskan kaat yang mendekati. Soalnya gak banyak, pastinya gak sampe 30. Lupa sich mungkin paling banter 20 ato 15 soal . Waktunya nya juga sebentar. Paling banter 5menit.
·       Kedua, ada Soal LOGIKA PENALARAN.
Ada 4 Sub soal yang berkaitan dengan gambar.
Kayak gini. Yang Kiri soalnya. Yang Kanan Jawabannya. Kayak No.1 ntuh jawabanya D.


Soal Logika Penalaran ini paling Dominan. Bener-bener ngeliat Kemampuan kita. Bocoran nich.hihi. Soal nya ntuh keluaran Jur.PSikologi UI. Tu ada di tulisan yang ada dilenbar soal bagian bawah. So, Ran simpulin gitu aja dech.
·       Ketiga, Test Wartegg.
Itu loh, Test Meneruskan Gambar dari potonan garis/pola yang belum jelas/belum kelar.
Ini ada 8 pola nya.


Disini bukan dilihat kemampuan menggambar nya, tapi keinginan kuat untuk menggambar dan Ahli Psikotest yang nguji kita pengen tau gimana karakter kita berdasarkan gambar itu.
Stelah menggambar, kita diminta menuliskan nomor urut gambar yang kita buat, Terus ngasih keterangan gambar, memilih gambar yang paling mudah, paling sulit, paling kita suka dan paling kita tidak suka
Pesonally, Ran bukan ahli nya sich, jadi gak tau juga apa yang makna dari gambar dan urutan yang udah ran tentuin.hihihi.
·       Ke empat, soal Psikotest BRI yaitu Test ARMY apa gitu namanya Lupa.
Pokoknya, ini berhubungan dengan Perintah. Ada beberapa Nomor. Kalo gak salah sich ada 12 nomor. Cara ngerjainya persatu soal sesuai instrusksi tester.
Misalnya: Pada soal no.1 , coretlah angka angka Ganjil! Peserta tinggal coret aja dech.
Simpel kan? TApi jangan salah. Ini susah susah gampang. KArena harus jeli. Kadang perintah nya banyak dan cukup berbelit2 karena hanya 1 kali.tanpa pengulangan. So, Kudu Have good focus bin konsentrasi. Kalo gak bias miss perintah.
·       Ke lima, Soal Test Psikotest BRI adalah Test Kolom Koran atau kalo di situs-situs yang Ran baca, itu bilang nya Test Pauli.
Disini baru kita bermain dengan Kemampuan dasar Aritmatika. Nanti ada kertas hamper segede Koran. Isi nya angka semua, satuan semua. Dicetak vertical kebawah.
Misalnya:
2   2
3   5
5   7
5   8
7   6
8   0
Dst. . .
PAnjang kebawah. . . dan ada puluhan kolom trus font nya sekitar 12 atau 11 times new roman gitu dech. Cara negrjain nya simple. Kita cukup menjumlahkan 2 angka yang berdekatan, dengan ,menuliskan satuannya aja. Misalnya
Di kolom 1, (sesuai perintah..jumlah kan dari bawah)
Kita jumlahkan 8+7 hasilnya 15, ditulis 5 diantara 7 dan 8.
Dilanjutkan keatasnya, 7+5 hasilnya 12, ditulis 2 diantara 5 dan 7.
          Gak sulit, tapi Ribet. Pertama waktu yang terbatas, kedua konsntrasi yang susah focus kalo udah sampe dikolom ke sekian belas atau ke20—an. 
          Tambahan kalo di Test Magang Bakti BCA, perhitungan nya dari atas ke bawah. Kebalikan dari Test BRI. 
·       Ke enam, Masih Test Menggambar, TREE, HOUSE, and PERSON.
Test ini mengharuskan kan kita menggambar Pohon, Rumah dan Manusia. Terus kita buat 1 paragrap. 5 kalimat aja cukup untuk menggambarkan maksud atau alur gambar kita.
·       Ke tujuh atau terakhir, SOAL PENYELESAIAN KASUS
          Disini ada satu kertas yang berhubungan dengan kasus kepegawaian. Truz kita disuruh MEngurutkan solusi yang ditawarkan tester sesuai dengan solusi terpenting. Kalo da solusi tambahan dari kita juga boleh ditambah diakhir.

Hm. . . Pa lagi ya Soal Psikotest Bank BRI nya? Seingatran itu dech. Ran pernah ikut test ini untuk Posisi ADM. Juga peserta lain di Posisi PA.Kur (gak tau tulisanya gimana) sama apa ya..1lagi nya..Lupa.hihihi. cz Cuma 2-3 orang aja yang Bukan Posisi ADM. Selebihnya ADM semua.
4.     Test Interview / Test User
Ini interview nya langsung dari USER BRI tempat lokasi penempatan Kerja. Kalo lolos ditahap ini 80 % lolos dech. Cz ini Tahap penentuan hamper akhir, sebelum test kesehatan. KAlo diinterview awal dari PT.PKSS,,, Untuk interview ini Ran belum bias banyak cerita. CZ belum ada pengalaman nya. Saat ini masih harap-harap cemas nunggu Call dari Pihak BRI utk ikutan di Tahap ini. Yaa. . . Kalo emang ada Rejeki nya disana.hihi
5.     Test Kesehatan
Kalo informasi dari Pihak  PT.PKSS, test Kesehatan ini ada 3 hal penting.
-         Tidak Buta Warna
-         Tidak Punya Penyakit Kronis yang dapat menghambat Kerja
-         Tidak terlibat Narkoba
Kalo 3 hal diatas gak ada di kalian. Amaaaan. Kalian BERUNTUNg, lolos dan dikontrak kerja deh.
Upz. . . Tapi Biarpun lokasi Kerja nya di Bank BRI Cabang.X , Tapi status kepegawaian kalian ada di List PT.PKSS dengan penempatan di Bank BRI. Coz Kata om Psikotest Tester gitu. Kecuali kalo ada tindak lanjut kontrak BRI nya. Tapi biasanya ada. Dan akhir Tahun ini insyaAllah juga ada katanyaaaa. . . Dan untuk Gaji ADM itu sekitar 1,9 juta. Kalo 2 Posisi lainya 1,5jutaan.
          Tambahan, kalo Magang BAkti BCA posisi Teller 2-2,3juta an. Kalo CS juga sekitar itu, tergantung degree pendidikan. SMA ato d3 ato S1. Selisih sedikit. Tapi kalo untuk BRi sendiri Ran kurang tau berapa. Coz temen yang kerja di BRi belum kasih tau sich. Hihi. Kata temen  yang di BRi syariah, doi gajinya 2an sebagai Teller. Biar pasti Agan-agan dan Sobat Ran coba Tanya aja langsung ke pegawai BRi nya. hihi.
Hm. . . Kayak nya sekian dulu dech sobat Ran. Dah pegel juga nich ngetiknya. Moga Bermanfaat ya buat temen-temen seperjuangan yang lagi cari info ke Laman ini. Semoga membantu. Semoga juga ini biasa jadi jalan pintu Rezeki Ran. Aamiin ya Allah. Dan lumayan juga, Ran ada tambahan Tabungan amal berbagi ilmu, buat tabungan hari Akhir. Hee ^,^   
O ya. . . Ada Postingan Ran tentang Interview User,yg Tahap 4 loch di Blog ini. 
C.U on my next Posting!! Bye.. Wassalam. w.w

Source: Pengalaman Pribadi. . . Meskipun Cuma sampe Tahap 4 and Gak gol Tahap 5. Somehow, , , Pengalaman nya Berharga Gan. hehehe. Semoga info ny Bermanfaat.


44 komentar:

  1. bagus juga infonya. . . lebih detail dan membantu.

    BalasHapus
  2. This piece of writing will help the internet users for building up new weblog or even a blog from start to end.


    my weblog :: http://www.etoro-openbook.Tk/

    BalasHapus
  3. ini ujian untuk jadi teller gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Yud. . Nech Test utk Posisi ADmM. tapi gak tau juga, mungkin Posis teller tahapan Test nya juga gak jauh beda. 11-12 gitu dech kayaknya.

      Hapus
  4. Maaf sobat blog-ku: www.ramdhan.co.cc telah berubah menjadi: www.kangramdhan.blogspot.com harap diganti alamat blog tsb yg dlm daftar tukeran link ya. Makasih..

    BalasHapus
  5. makasih ya ran.... :)
    oh ya, klu di BRISyariah spt ap y testnya? dan waktu nunggu dipanggil utk thap petama/lolos administrasi berapa lama ya? 2minggu kah?

    BalasHapus
  6. kalu itu Ran kurang tau juga Yu. Biasa nya sekitar itu, gak lama mungkin 2-3minggu dech kayaknya. Coz dulu Ran masukkan Berkas jauh sebelum ada pengumuman test. Cz kata org yg udah kerj di Bank, kalo mau test bank itu masukin aja berkas, kapan ada seleksi/test dan berkas kita memnuhi syarat, kita bakal dipanggil utk seleksi lanjutan.

    BalasHapus
  7. thanks informasinya :D

    BalasHapus
  8. mauh nanyaa, yg tes korannya..
    misalnya yang tadi 8+7 hasilnya kan 15. yg ditulis cuma 5.
    dan 7+ 5 hasilnya 12, yang ditulis 2.
    memng gituuu yaah cara tulis jwabannya..? maaf sy kurang ngerti, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener gan. emang gitu cara jawab nya. ditulisnya cuma satuan aja. kayak gitu.

      Hapus
  9. masukan banget nih mba, makasih ya mba. ini soal sama persis kayak psikotesnya PT Pelita Paper Cengkareng (pake di suru gambar pohon tapi ga boleh pohon pisang/kelapa)

    BalasHapus
  10. Thanks mba, bagus bgt infonya.. :)
    Mba misal soal akreditasi jurusan itu penting sekali gak ya di bagian seleksi administrasi? misal syarat akreditasi harus A/B sementara kampus kita sendiri masih C. Klo kasusnya seperti itu gimana ya mbak, pernah ketemu kasusnya gak?

    BalasHapus
  11. membantu, makasih rannn

    BalasHapus
  12. mau tanya..jarak antara seleksi administrasi sampe interview pertama brp hari to minggu y..dpt call selang berapa hari stlah masukin administrasi...thanks ran..bls y

    BalasHapus
  13. Q jg lagi persiapan buat wawancara di kancab BRI "x", tapi q ndak yakin itu wawancara awal ato apa, soale yg wawancara awal tu kn dri PKSS sendiri to? Klo di kancab gini tu wawancara apa ya? Thanks infonya..

    BalasHapus
  14. Udah 2 minggu dari psiokotest, belum ada pengumuman dari web nya, itu masih nunggu apa udah gagal ? Soalnya saya coba ngelamar security dan belum pendidikan ??

    BalasHapus
  15. MANTAB GAN . . . Sebagai Informasi Tambahan, JANGAN LUPA MAMPIR :

    [ START ] Psikotes Online Departemen Pekerjaan Umum RI 2014

    or

    http://ag91.blogspot.com/2014/01/rahasia-perusahaan-soal-psikotes-online.html

    BalasHapus
  16. trimaksih ya Ran atas infonya semoga bisa bermanfat,
    saya besok ada tes BRI di Jaya Lampung tengah, mudah2n dapet yang terbaik.

    BalasHapus
  17. TetI Sondang Arfida22 Februari 2014 14.11

    kalau ujian customer servicenya gtunya yaa pak/ibu psikotesnyaa??

    BalasHapus
  18. Terimakasi atas informasinya, bermanfaat.
    kunjungi juga blog saya http://anekare5ep.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Mbabane rani mau tanya klo lama panggilan setelah wawancara biasanya berapa lama?

    BalasHapus
  20. terimakasih kawan
    sangat membantu

    BalasHapus
  21. COBA BUKA WEBSITE SEPUCUK JAMBI BERITA ONLINE JAMBI - SEPUTAR BERITA CONCEPTUAL UNTUK JAMBI - WWW.SEPUCUKJAMBI.COM, TERIMAKASIH GUYS

    BalasHapus
  22. Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada tes iq online,
    download tutorial photoshop, dan download blogger templates seo responsive.

    BalasHapus
  23. ini pengalaman pribadi saya selama test di BRI sebagai Frontliner.
    awal sya kirim lamaran ke BRI cabang pda akhir bulan februari 2014, buat pnggilan psikotest emg lama bgt, gw d pnggil buat test psikotest sktar akhir bulan April. buat tes tahap slanjutnya jg lama bgt dan akhirnya pas prtngahan mei gw d pnggil buat tes interview user, dan wktu gw msuk ruangan wow rasanya grogi bgt (maklum intrview user yg prtama kali hehee) dan untungnya si pengetesnya demen brcanda ydah gw brcandain aj tuh si manager sma HRDnya hahahaa. trus tgl 4 juni gw dpet info dri vendor hasil pngumuman tes thap intrview user sudah ada di twitter, alhamdulillah trnyta sya lolos buat tes thap brikutnya (tes ksehatan). dan skrang gw msih nunggu info tanggal buat tes ksehatan.

    BalasHapus
  24. Thanks ya ran, yg pling penting tentang psikotes nya berguna bnget, biar ga grogi ikut tes besok udh ada gambarannya ^_^
    Insyaallah besok psikotes BRI juga, doain yah heehee

    BalasHapus
  25. mau tanya nih, saya sudah mengituti tes wawancara awal, psikotes, lalu pemberkasan di PT.PKSS, skrg msh menunggu panggilan interview akhir di BRI, kira2 brapa lama jarak pemanggilan dr pemberkasan ke interview akhir di BRI?., terimaksih

    BalasHapus
  26. Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya!
    Simak caranya di Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya atau Download Soal Psikotes

    BalasHapus
  27. test kolom koran itu yang benar dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 22 ny bisa benar. tergantung penyelenggara. soal nya 2x Ran ikut, 22 nya beda versi. ada yang dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas.

      Hapus
  28. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:
    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja. Dapatkan Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  29. assalamualaikum mbak ran dan abg kakak yg udah mampir, saya mau nanya, kalo mau tes2 gituan pakaian kita harus hitam putih ya atau pakaian bebas??
    mohon di jawab ya mbak, mana tau nanti saya terjun ke dunia pencarian kerja jadi gk bingung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumslm. gak mesti si say. kalomau tes bank, biasa nya gak mesti hitam putih. yg penting pakaian resmi, bebas pantas. jangan pake kaos n jeans aja. kebanyakan kalo cow pake kemaja putih+celana hitam biar simple. kalo cewek pake blazer, kadang blazer stelan kadang kombinasi sendiri ala cewek.
      tapi seblum tes kudu cari info dulu, ada beberapa perusahaan atau instansi yang ketika tes mewajibkan pakaian tertentu.

      Hapus
    2. ohh gitu mbak, trimakasih mbak info nya, sangat membantu.

      Hapus
  30. Asalamualaikum mbak ran, saya mau tanya saya sudah ikut tes psikotes 1minggu yang lalu diBRI itu kira2 berapa lama ya pengumumannya ?mohon dijawab ya mba terimakasih salam kenal

    BalasHapus
  31. kalo lulus tes administrasi di pangilnya via telpon ya?

    BalasHapus
  32. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank Sinarmas

    BalasHapus
  33. Balasan
    1. iya, salam kenal juga dari RAn BErbagi Info. Sharing is Caring :-)

      Hapus
  34. saya udah ikut test psikologi pd bulan juni tp ko belum ada panggilan slanjutya sampe sekarang

    BalasHapus
  35. saya udah ikut test psikologi pd bulan juni tp ko belum ada panggilan slanjutya sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo belum dihubungi sampe selama itu, artinya kita belum beruntung sist. masih ada orang lain yang lebih membutuhkan, hehe. kta dianggap mampu mencari loker lainnya.

      Hapus

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.