SaLam BloGgeR

Rabu, 25 Januari 2012

contoh RPP bahasa inggris SMA kelas X semester 2 (berbicara)

Hm... Dah lama Banget Ran gak posting ke Blogger. Karena seabrek seibukan. Sekarang sih lagi PPL. alias Praktek Pengalaman lapangan. JAdi, kayaknya kali nich Ran mo berbagi contoh RPP deh. 

Ini contoh RPP Bahasa Inggris SMA kelas X, semester II.. Semoga bermanfaat buat yang membutuhkan dan menambah ilmu buat yang mampir ke blog ini...

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
KElas/semester            : X/2
Pertemuan ke              : 2,3, dan 4
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi
-          Berbicara :
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi Dasar
1.      Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
2.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.

Indikator
1.      Mengidentifikasi makna tindak tutur berterimakasih, memuji, dan mengucapkan selamat
2.      Mengungkapkan makna tindak tutur berterimakasih, memuji, dan mengucapkan selamat
3.      Merespon makna tindak tutur berterimakasih, memuji dan mengucapkan selamat

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi makna tindak tutur berterimakasih, memuji, dan mengucapkan selamat
2.      Siswa mampu mengungkapkan makna tindak tutur berterimakasih, memuji, dan mengucapkan selamat
3.      Siswa mampu merespon makna tindak tutur berterimakasih, memuji dan mengucapkan selamat

Materi Pembelajaran
-          Expessing thanking (eg: thank you..) 
-          Expressing complementing (eg: what a beautiful you are )
-          Ungkapan mengucapkan selamat (eg: congratulation for your win)

Text
Expressing thanking,complementing and congratulating
Clara    : Morning brian.
Brian   : Morning Cla. Wow, what a beautiful dress you are wearing. That’s a lovely choice.
Clara    : thanks a lot, brian. Hm. . . I got information from siska that U became the winner in your school singing contest of  the year.. I  must congratulate you on your win.
Brian   : thank you so much.
Clara    : By the way, how many participant did you in the singing contest?
Brian   : the whole contestant are 43
Clara    : You’ve done a great Job. U could face all your rivals. Congratulation once again.
Brian   : thank you.





Picture about congratulation

Metode pembelajaran
-          Active learning
-          Praktek

Pertemuan ke                        : I

A.    Kegiatan Awal (10’)
·         Absensi, Orientasi dan Motivasi
·         Mengabsen dan memuji siswa sehingga memancing siswa mengucapkan terimakasih.




B.     Kegiatan Inti (70’)
1.      Pre-activities (10’)
Guru menanyakan Pertanyaan-pertanyaan pemanasan yang berhubungan dengan materi, misalnya:
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang ucapan pertama kali , yang di kirim di wall facebook setelah permintaan pertemanan di konfirmasi teman.
·         Guru menanyakan kepada siswa , expresi yang diucapkan saat ditaktir oleh seorang temand dan ucapan agar bisa ditraktir oleh teman
·         Guru menanyakan kepada siswa, ungkapan saat memuji seorang yang disukai

2.      While activities (30’)
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang ungkapan yang diketahui tentang ungkapan-ungkapan memuji (complementing)
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang murid ketahui tentang ungkapan-ungkapan terimakasih (expressing thank or gratitude)
·         Guru menjelaskan tentang ekpresi atau ungkapan terimakasih dan memuji.
·         Guru menyuruh siswa membuat kelompok perbangku, secara berpasangan untuk membuat percakapan dengan menggunakan ekpressi memuji dan berterimakasih seperti yang telah dijelaskan.

3.      Post activities (30’)
·         Guru menggunakan media games (action games: Hana-Hani twins) sebagai ice breaking dan mencari siswa yang kalah untuk maju menampilkan conversation yang telah dibuat secara berpasangan.
·         Guru menawarkan kepada siswa yang lain untuk menampilkan conversation yang telah dibuat tanpa media games.
·         Sementara itu siswa lain menebak mana ungkapan yang menyatakan complementing atau thanking.

C.    Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru menanyakan kepada siswa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan pujian dan terimakasih. Guru memberi tugas untuk mengidentifikasi ungkapan yang pada percakapan di buku pegangan secara berkelompok (work in pairs)
·         Kesimpulan dan salam

Pertemuan ke            : II

A.    Kegiatan Awal (10’)
·         Absensi, Orientasi dan Motivasi

B.     Kegiatan Inti (70’)
1.      Pre-activities (10’)
·         Guru menunjukkan gambar yang berhubungan dengan materi dan siswa menebak apa maksud gambar tersebut
·         Guru menanyakan Pertanyaan-pertanyaan pemanasan yang berhubungan dengan materi, misalnya: Bagaimana respon atau ungkapan orang-orang sekitar murid saat mereka menjuarai suatu kompetisi atau perlombaan
2.      While activities (45’)
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang ungkapan yang diketahui tentang ungkapan-ungkapan selamat (congratulation)
·         Guru menjelaskan tentang ekpresi atau ungkapan congratulation.
·         Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok dan membagikan kertas yang berisi percakapan
·         Beberapa orang siswa membaca sebuah percakapan  dan siswa lain mendengarkannya.
·         Siswa mengidentifikasi difficult word (work in group)
·         Siswa mengidentifikasi ungkapan congratulation yang ada dalam percakapan tersebut.
·         Guru membagikan kertas HVS warna kepada masing-masing kelompok
·         Siswa membuat congratulation letter dan congratulation card sesuai dengan content congratulation (work in pair)

3.      Post activities (15’)
·         Guru menggunakan media games (boom games:kelipatan angka) sebagai ice breaking dan mencari siswa yang kalah untuk maju menampilkan role plays (bermain peran) berupa percakapan tentang ekpresi congratulation.

C.     Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru menanyakan kepada siswa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan selamat dan memberi tugas kepada siswa untuk membuat name tack secara individu dan membuat percakapan yang menggunakan eksperi memuji, selamat dan terimakasih.(work in a group, 5-7 menit)
·         Kesimpulan dan salam

Pertemuan ke III

A.    Kegiatan Awal (10’)
·         Absensi, Orientasi dan Motivasi

B.     Kegiatan Inti
1.      Pre-activities (10’)
·         Guru menanyakan kepada siswa ekspresi apa untuk mengungapkan terimakasih, pujian dan ucapan selamat.
·         Guru memberikan waktu kepada siswa 10 menit untuk memperisapkan percakapan yang akan mereka tampilkan secara berkelompok yang telah mereka siapkan.
2.      While activities (60’)
·         Siswa mengambil nilai dialog
·         Siswa yang lain menyimak dialok yang ditampilkan
·         Guru menanyakan tentang isi dialok kepada siswa

3.      Post activities
·         Siswa lain memberikan pendapat tentang ungkapan dan penampilan dialog kelompok yang telah maju.

C.     Kegiatan Akhir
·         Guru memberikan Games sebagai ice breaking bagi siswa setelah menampilkan dialog mereka.
·         Kesimpulan dan salam.

Sumber/bahan/alat
Buku Look ahead, materi dari internet


Penilaian
·         Penilaian individu (penilaian peran)
·         Penilaian kelompok (group mark)

Penilaian untuk tugas congratulation card kelompok
Nama(Group)
Contain
Design
Structure
Total
Presentase Excellent
60
30
10
100
Excellent         : 90-100
Good               : 80- 90
Standart          : 75
Low                 : Under 75      

Penilaian Individu untuk conversation SKBM: 75
Nama
Fluency
Pronouciation
Ekspression
Sisipan

Low = 65-70
Low = 65-70
Low = 65-70
Bisa menjawab pertanyaan saat yang lain maju kedepan
Standart = 75
Standart = 75
Standart = 75
Good = 80
Good = 80
Good = 80
Excellent = 85
Excellent = 80
Excellent = 80

Curup,       Januari 2012
Guru Pamong





Dra.SN.Indra Kusuma Ningsih
Nip. 196611161991022001

Guru PPL Bahasa Inggris





Ranita Parema
Nim. 0855083

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs,H.Sudirman Halim,M.Pd
Nip 1953 0817 197903 1 012
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan Lupa tinggalin jejak Komen nya. . . Semoga Info nya Bermanfaat. Dan Tinggalin Jejak Like nya ea. Makasih (^,^)

recent Comments Guys...

About Me

Foto Saya
Assalamualaikum.w.w Ada nya blog ini untuk saling share. Let's share each others. Buat nambah info n pengetahuan. Kalo ada Kekurangan Sana Sini di Blog ini, Tolong kritik and sarannya iyyach. Bukan sekedar kritik, tapi ada solusi yang membangun. I’m not perfect one. But, I’ll do Best for everything. I'm simple one. I believe I can, then I do...

Like This Sist,Bro

Thanks for Visitting.